DKP Penajam Terbitkan Kartu Identitas Nelayan

Bagus Purwa
Penajam, helloborneo.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menerbitkan kartu identitas kepada seluruh nelayan di daerah itu sebagai antisipasi jika terjadi kecelakaan saat melaut.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Trasodiharto, di Penajam, Selasa, menjelaskan DKP akan menerbitkan kartu identitas nelayan, pada kartu tersebut tertera identitas nelayan serta nomor yang tercatat pada kapal yang dioperasikan milik nelayan bersangkutan.

“Kartu identitas nelayan itu sebagai antisipasi jika terjadi kecelakaan ketika melaut, jadi kami bisa menelusuri pemilik kapal yang terkena musibah kecelakaan di laut,” jelasnya.

Selain itu menurut Andi Trasodiharto, kartu identitas nelayan tersebut juga mempermudah nelayan untuk mendapatkan bantuan berupa peralatan dan perlengkapan dari pemerintah serta mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah.

”Bagi nelayan yang memiliki kartu identitas nelayan itu akan mudah untuk mendapatkan bantuan peralatan dan perlengkapan atau pelatihan dari pemerintah,” katanya.

Sebelum menerbitkan kartu identitas nelayan tersebut kata Andi Trasodiharto, Dinas Kelautan dan Perikanan akan melakukan pendataan ulang seluruh nelayan yang beada di Kabupaten Penajam Paser Utara, sehingga seluruh nelayan mendapatkan kartu identitas tersebut.

Kartu identitas nelayan tersebut, tambahnya dibuat seperti KTP (kartu tanda penduduk) dan pencetakan kartu identitas nelayan tersebut tanpa dipungut biaya sehingga seluruh nelayan bisa memiliki kartu identitas nelayan tersebut.

“Setelah melakukan pendataan ulang terhadap seluruh nelayan yang ada, baru kami cetak kartu identitasnya kemudian dibagikan kepada nelayan yang sudah terdata itu secara gratis,” ujar Andi Trasodiharto. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.