Wabup Penajam Minta Polisi Usut Pelaku Pembakaran Lahan

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku pembakaran lahan dan hutan di daerah itu.

“Saya sangat kecewa banyaknya pembakaran lahan dan hutan yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga kami minta kepolisian dapat menangkap dan menindak para pelaku pembakaran itu,” kata Wabup Mustaqim di Penajam.

Permintaan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara meminta pihak kepolisian setempat agar mengusut tuntas pelaku pembakaran kahan dan hutan tersebut menurutnya, karena aktivitas dari pembakaran lahan dan hutan tersebut mengakibatkan kabut asap di wilayah Penajam Paser Utara semakin tebal.

Aktivitas pembakaran lahan dan hutan tersebut kata Mustaqim, dapat merugikan semua pihak, dimana untuk menanggulangi kebakaran lahan dan hutan tersebut memerlukan anggaran cukup besar, padahal anggaran itu dapat digunakan untuk kepentingan lainnya yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Anggaran untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan itu cukup besar, jadi aktivitas pembakaran lahan dan hutan merugikan semua pihak, termasuk masyarakat itu sendiri,” ujarnya,

Pelaku pembakaran lahan dan hutan menurut Mustaqim, dapat dikenakan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan, jadi apapun alasannya pembakaran lahan dan hutan tersebut tidak dibenarkan.

“Dengan alasan dan untuk kepentingan apapun masyarakat tidak boleh membakar lahan dan hutan karena sesuai undang-undang yang berlaku aktivitas pembakaran hutan dan lahan itu dilarang,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) tambah Mustaqim, terdata di lapangan aktivitas pembakaran lahan dan hutan di wilayah Penajam Paser Utara, hingga Sepetember 2015 ini mencapai 18 kasus.

“Aktivitas pembakaran hutan dan lahan itu bisa saja terus bertambah, jadi saya minta pelaku pembakaran lahan dan hutan itu dapat ditindak tegas,” katanya. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.