Anggaran Desa di Penajam Rp96,6 Miliar

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Anggaran Dana Desa (ADD) untuk 30 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2015 mencapai Rp96,6 miliar.

“Tahun ini (2015) ADD yang diterima oleh 30 desa se Kabupaten Penajam Paser Utara, berasal dari APBD tingkat dua mencapai Rp87 miliar dan Rp9,6 miliar dari APBN,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (BPMPD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Dul Azis di Penajam, Rabu.

“Masing-masing desa mendapatkan Rp320 juta, namun pencairan ADD yang bersumber dari APBD APBN tersebut dilakukan dalam beberapa tahapan,” katanya.

Mekanisme pencairan ADD tersebut sengaja dilakukan dalam beberapa tahapan kata Dul Azis, untuk mencegah terjadinya kecurangan atau penyalahgunaan  ADD, karena dalam pengelolaan alokasi dana desa tersebut rawan korupsi.

Pencairan ADD 2015 menurut Dul Azis, sudah memasuki tahap kedua, namun pencairan ADD tersebut dilakukan setelah ada LPJ (laporan pertanggungjawaban) penggunaan anggaran tahap pertama dari masing-masing pemerintah desa.

“ADD tahap kedua baru bisa dicairkan, jika pemerintah desa sudah menyerahkan LPJ penggunaan 70 persen anggaran yang telah dicairkan pada tahap pertama,” jelasnya.

BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Dul Azis akan memberikan rekomendasi pencairan ADD tahap kedua kepada pemerintah desa yang telah menyerahkan LPJ penggunaan ADD tahap pertama. Dari 30 desa baru sebagian kecil yang sudah mendapatkan kucuran ADD tahap kedua.

“ADD itu dikucurkan untuk mendorong pembangunan infrastruktur desa dan dana bergulir UKM (usaha kecil menengah),” ujarnya. (bp/*log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.