Koramil Waru Bagikan Masker Antisipasi Kabut Asap

Dika

 

Koramil 0913 Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara bagikan 1.000 masker gratis (Dika - Hello Borneo)

Koramil 0913 Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara bagikan 1.000 masker gratis (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com- Sebanyak 1.000 masker dibagikan Komando Rayon Militer (Koramil) 0913/Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, secara gratis kepada pengguna Jalan Provinsi Kilometer 25 sabagai upaya meminimalisir timbulnya penyakit yang disebabkan kabut asap yang menyelimuti daerah itu.

“Pembagian 1.000 masker gratis tersebut sebagai langkah antisipasi dampak kabut asap terhadap kesehatan masyarakat,” ungkap Danramil 0913/Waru, Kapten Inf Laety, di Penajam, Selasa.

Kegiatan bagi-bagi masker tersebut menurutnya, merupakan aksi simpatik dan peduli terhadap bencana kabut asap, sebagai salah satu upaya mencegah penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) akibat kabut asap tersebut.

“Kami mengimbau warga agar mengurangi kegiatan di luar rumah dan senanatiasai memakai masker jika terpaksa harus keluar rumah, terutama jika mengendarai kendaraan roda dua,” katanya.

“Pembagian masker secara gratis itu, untuk membantu warga agar terhindar dari penyakit ISPA yang ditimbulkan oleh kabut asap,” ungkap Laety.

Terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Waru selama musim kemarau ini tambahnya, masih relatif kecil dibanding dengan di Kecamatan Penajam dan kecamatan lainnya di wilayah Penajam Paser Utara.

Laety mengimbau, agar masyarakat tidak pembakaran hutan dan lahan hanya sekedar untuk pembukaan lahan perkebunan. Kerena tindakan pembakaran tersebut merupakan tindakan yang bisa di pidanakan.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, pelaku pembakaran lahan dapat diancam hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp5 miliar,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.