Legislator Penajam Berharap Pilkades Berjalan Aman

Bagus Purwa

 

Wakil Ketua Komisi I DPRD Penajam Paser Utara, Sariman (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Wakil Ketua Komisi I DPRD Penajam Paser Utara, Sariman (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Legislator dari Komisi I DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sariman mengharapkan, pelaksanaan Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak yang akan digelar pemerintah setempat pada 15 Desember 2015 berjalan lancar dan aman.

“Kami harapkan Pilkades 2015 dapat berjalan sesuai ketentuan dan tidak ada konflik baik di tingkat desa maupun kecamatan,” kata Sariman, di Penajam, Kamis.

Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, lanjutnya, baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara, sehingga diharapkan semua tahapan pelaksanaan Pilkades tersebut berjalan dengan baik serta kondusifitas tetap terjaga.

Sariman yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRP Penajam Paser Utara itu menegaskan, Pilkades untuk tahun ini (2015), berbeda dengan tehun sebelumnya. Dimana Pilkades 2015 dilakukan serentak di 13 desa dari 30 desa yang ada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, jadi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahaan Desa (BPM PD) harus melakukan persiapan secara matang.

Aturan pelaksanaan Pilkades yang dibuat oleh BPM PD Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Sariman, harus dapat mengantisipasi jika terjadi kecurangan, serta harus terjalin komunikasi yang baik antara panitia pelaksana Pilkades di tingkat kabupaten dengan panitia di tingkat desa.

“Pemerintah daerah harus mempersiapkan peraturan yang tepat, untuk menghindari konflik dimasyarakat. Karena tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan Pilkades selalu menimbulkan perselisihan dimasyarakat,” jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

“Antisipasi di lapangan juga harus dilakukan, karena biasanya di lapangan sering sekali muncul banyak masalah, baik konflik warga maupun permasalahan lainnya,” kata Sariman. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.