Stop Membakar Sampah, DKP Imbau Warga Buang ke TPS

Rapal JKN

 

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Kabupaten Paser Herwati. (Rapal JKN - Hello Borneo)

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Kabupaten Paser Herwati. (Rapal JKN – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Seperti yang diketahui membakar sampah sangat buruk dampaknya, karena dapat merusak lapisan bumi serta mencemarkan udara. Oleh karena itu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur imbau masyarakat tidak membakar sampah dan lebih menganjurkan membuang sampah langsung ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Kabupaten Paser Herwati menegaskan dan melarang, warga Paser agar tidak membakar sampah karena dapat merusak organisme dalam tanah. Selain itu dampak lain dari membakar sampah, bisa membuat Ispa.

“Saya menghimbau agar warga stop membakar sampah, karena dapat mencemari udara serta membuat cacing dalam tanah mati. Jadi jika ada yang bilang tanah subur itu kalau bekas di bakar itu salah, jusru tanah yang subur jika ada cacing ya” tuturnya.

Selain itu Hj Herawati juga menuturkan, sampah yang di bakar sangatlah tidak baik untuk organisme kecil dalam tanah apa lagi sampah plastik. Kalau dibakar asapnya yang mengandung kimia dan jelas tidak sehat, dapat mencemari udara.

“Makanya saya meminta warga itu membuang sampah di TPS atau mengumpulkan sampah mereka lalu dibawa ke bank sampah. Dengan begitu lebih bermanfaat, serta sampah dapat menghasilkan uang,” tutupnya. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.