Asap Masih Selimuti Penajam Meski Sudah Turun Hujan

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Kabut Asap masih menyelimuti wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, meski hujan sudah mulai turun, kata Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan setempat, Eka Wardhana.

“Meskipun hujan sudah turun selama dua malam terakhir, tidak berpengaruh signifikan. Kabut asap masih menyelimuti terutama pada pagi hari, masayarakat harus tetap waspada,” jelas Eka Wardhana ketika dihubungi di Penajam, Jumat.

Kabut asap di wilayah Penajam Paser Utara, lanjutnya, sudah mulai berkurang sejak turun hujan. Namun, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah dan pengendara kendaran roda dua tetap memakai masker untuk melindungi diri dari kemungkinan terjangkit ISPA (insfeksi saluran pernafasan akut) akibat kabut asap.

Kondisi udara di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Eka Wardhana, masih tergolong kurang sehat karena kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah Penajam Paser Utara, walaupun tidak setebal sebelumnya.

“Secara umum wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, belum terbebas sepenuhnya dari serangan kabut asap,” ujarnya.

Selain itu hujan yang sudah mengguyur wilayah Penajam Paser Utara selama dua malam tambah Eka Wardhana, juga berisiko membuat kabut asap semakin tebal karena di bawah lahan gambut yang terbakar masih menyisakan api.

“Kami minta masyarakat tetap waspada karena hujan yang turun belum berdampak pada membaiknya kondisi udara, asap masih menyelimuti meskipun kadarnya menipis,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.