Legislator Penajam : Ambulans Desa Harus Dilengkapi SDM

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Legislator dari Komisi II DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Suyadi mengatakan, penempatan ambulans di setiap desa harus dilengkapi dengan sumber daya manusia (SDM) yakni, tenaga medis dan juga sopir.

“Keberadaan ambulans sangat penting, untuk daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten dan jauh dari pusat layanan kesehatan, seperti puskesmas dan RSUD (rumah sakit umum daerah),” kata Suyadi ketika dihubungi di Penajam, Jumat.

Menurutnya, ambulans tersebut bukan hanya membawa pasien ke puskesmas terdekat atau RSUD, namun juga untuk penanganan darurat terhadap pasien yang kondisinya kritis sebelum sampai ke puskesmas terdekat atau RSUD sehingga dibutuhkan tenaga medis yang bisa mengoperasikan peralatan yang ada di dalam ambulans tersebut.

Peran tenaga medis dalam ambulans tersebut lanjut Suyadi, sangat penting sehingga ketika membawa pasien dalam kondisi kritis dan membutuhkan penaganan darurat, ambulans tersebut dapat dipergunakan dengan optimal.

“Pengadaan ambulans di setiap desa itu akan sis-sia, jika tidak ada tenaga medis yang bertanggung jawab dan bisa mengopreasikan peralatan yang ada di dalam ambulans itu,” kata politisi Partai Gerindra tersebut.

Tenaga medis dan sopir tambah Suyadi, sangat penting untuk mengoperasionalkan ambulans yang dibagikan ke setiap desa tersebut, dengan adanya tenaga medis dan sopir yang bertangung jawab, maka pengadaan 30 unit ambulans yang dibagikan ke setiap desa itu akan efektif. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.