Dinas Sosial Paser : Masyarakat Jangan Pasung “Orang Gila”

Rapal JKN

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amirrudin Ahmad

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amirrudin Ahmad

Tana Paser, helloborneo.com Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur meminta masyarakat lebih memanusiakan anggota keluarga jika ada yang mengalami gangguan kejiwaan atau gila.

Kebiasaan masyarakat membiarkan anggota keluarganya yang memiliki gangguan kejiwaan “orang gila” diperlakukan dengan dipasung dan ditelantarkan.

Kepala Dinsos Kabupaten Paser Amiruddin Ahmad mengatakan, siap membantu masyarakat melakukan pengobatan warga yang mengalami gangguan jiwa.

“Kami berharap kepada masyarakat, agar tak menelantarkan keluarganya yang mengalami gangguan jiwa,” terang Amir.

“Dan siap membantu dengan memberikan pengobatan gratis, hingga sembuh,” lanjut Amir.

Amir lanjut mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan. Setelah didata semua, pihaknya akan membawa warga yang terganggu jiwanya ke Rumah Sakit Jiwa di Samarinda.

Sisanya akan diobati selama empat bulan, dan setelah sembuh akan dikembalikan kepada keluarganya. Amir pun berharap dengan adanya hal ini dapat membantu masyarakat dan menguranginya orang gila yang terlantar.

“Kami menghimbau warga tidak menelantarkan orang gila di jalanan dan siap membantu masyarakat yang keluarganya memiliki gangguan kejiwaaan,” tutupnya. (rol/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.