Pendataan Ulang PNS Kabupaten PPU Rampung

AH Ari B

 

PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, telah merampungkan pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 4048 orang. Para abdi negara di lingkungan Pemkab PPU itu kini telah terdaftar di database pemerintah pusat.

“Registrasi E-PUPNS sudah selesai. Semua PNS sudah terdaftar termasuk dua PNS yang memiliki NIK ganda, telah dikonfirmasi ke BKN,” ujar Sekretaris BKD Kabupaten PPU Nanang Karwiadi saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu (11/11).

Proses registrasi PNS tersebut kata Nanang telah rampung pada awal bulan November. Pemerintah pusat memberikan tenggat waktu pengiriman data PNS di kabupaten/kota paling lambat 31 desember 2015. “Kami masih menunggu hasil verifikasi pemerintah pusat apakah ada yang kurang, salah atau bahkan double NIK,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ meminta BKD dapat mengantisipasi adanya penggunaan ijazah palsu di kalangan PNS PPU. Karena dari pemeriksaan pusat ditemukan puluhan ribu PNS menggunakan ijazah mencurigakan .

Mustaqim MZ menginstruksikan agar BKD dapat memeriksa ijazah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab PPU dengan teliti. “Kalau perlu dicocokkan langsung ke Universitas dimana ijazah tersebut dikeluarkan,” kata Mustaqim MZ.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan PNS yang ada di PPU, juga ada yang menggunakan ijasah palsu alias bodong. Pasalnya, banyak universitas atau kampus menawarkan pendidikan penyetaraan dengan waktu yang singkat.

“Kan sudah ada aturannya. Siapapun pegawai yang terbukti menggunakan ijazah palsu akan diberi sanksi berat sebagai efek jera,” tutup Mustaqim MZ. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.