Awasi TPS, DKP Paser Bentuk Satgas Sampah

Rapal JKN

 

DKP Kabupaten Paser bentuk Satgas Sampah. (Rapal JKN - Hello Borneo)

DKP Kabupaten Paser bentuk Satgas Sampah. (Rapal JKN – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Persoalan sampah menjadi problem beberapa Kota maupun Kabupaten di Indonesia. Seperti di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, contohnya, permasalahan membuang sampah sembarangan membuat resah. Alhasil Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Paser membetuk Satuan Tugas (Satgas) Sampah untuk melakukan pengawasan.

Kepala DKP Kabupaten Paser Herawati yang dijumpai helloborneo.com mengatakan, membentuk Satgas sampah di beberapa titik-titik tempat pembuangan sampah (TPS) sebagai pengawas. Agar kebiasaan oknum yang membuang sampah sembarangan bisa ditekan.

Dalam tugasnya sendiri pihaknya menerapkan Perda No 8 tahun 2011 tentang Persampahan dan memberi sanksi pada warga yang membuang sampah diluar waktu yg ditetapkan dari pukul 06.00-16.00 dengan sanksi Rp50.000 serta hukuman kurungan satu hari.

“Jadi selain mengefektifkan Bank Sampah, kami juga membentuk Satgas Sampah agar bisa meminimalisir problem persampahan,” tuturnya.

Herawati juga berharap, dengan dibentuknya Satgas Sampah dan didukung peran serta Bank sampah. Tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan atau tidak membuang sampah di waktu yang telah ditentukan.

Dan untuk diketahui Herawati juga memaparkan kalau sampai sejauh ini sudah ada empat ibu rumah tangga (IRT) yang menjalani sidang, karena membuang sampah sembarangan.

“Sudah ada 4 yang ikut menjalani sidang. Semoga ini menjadi pembelajaran dan efek jera, agar kebiasaan membuang sampah sembarangan perlahan hilang,” pungkasnya. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.