Presiden Siap “Groundbreaking” Investasi Rp71 Triliun di PPU

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Proyek pembangunan Kereta Api Borneo. (Subur - Humas Setkab PPU)

Proyek pembangunan Kereta Api Borneo. (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan melakukan Groundbreaking sejumlah proyek besar di Kawasan Industri Buluminung (KIB), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan timur, Kamis (19/11). Sejumlah proyek dengan nilai insvestasi Rp71 Triliun lebih tersebut antara lain Borneo Railways, Pelabuhan Benuo Taka dan Sains Techno Park.

Seperti diketahui, Borneo Railway dikerjakan oleh PT. Kereta Api Borneo, hasil kerja sama pemerintah provinsi kaltim dengan JSC Russian Railways. Pada tahap awal akan digunakan untuk angkutan sumber daya alam seperti batu bara, kelapa sawit. Kemudian tahap berikutnya akan digunakan sebagai sarana angkutan bagi masyarakat.

Pada tahap pertama, jalur kereta api yang menghubungkan Kabupaten Kutai Barat dan KIB, Kabupaten PPU, dengan konsesi Banpu sepanjang 203 kilometer, dan selanjutnya tahap kedua akan diperpanjang 50 Km ke area konsesi GBU dan Essar dengan biaya USD 2,2 juta.

Proyek Groundbreaking besar kedua adalah Pelabuhan Benua Taka, dengan nilai insvestasi USD 25 juta, dilengkapi sejumlah fasilitas loop memutar kereta api hingga 4 km, area penampungan batubara kapasitas hingga 20 Mtpa, dermaga kargo, dermaga jetty, dermaga batubara dan area reklamasi. Dan mempunyai sistim air, saluran pembuangan dan pembangkit listrik sendiri.

Terakhir adalah proyek Sains Techno Park, yaitu pusat penelitian kelautan skala nasional. Proyek ini mencakup 10 proyek didalamnya yang sepenuhnya dibiayai insvestor Russia dengan luas kawasan 50 Hektar lebih di KIB.

Nilai investasi Sains Techno Park meliputi, pembuatan kapal patroli cepat USD 8 juta, Solar panels USD 300 juta, Service Center dan perakitan Truk Kanas USD 1 Milyar, Refineri USD 400 Juta, Pellets USD 10 juta, Fibre Glass Pipe USD 30 juta, hingga pembuatan bahan pembangunan rumah murah USD 20 juta, dengan nilai investasi keseluruhan USD 25 Miliar lebih.

Teknologi pendukung yang akan dibangun di Sains Techno Park beraneka ragam, seperti pembangunan teknologi batubara tingkat rendah ketingkat tinggi dengan penurunan kelembapan, Kilang Olefin, Batubara tingkat rendah menjadi nafta, Pabrik pipa GRE, batu bara rendah menjadi bahan bakar cair.

Presiden Jokowi juga juga akan melakukan Groundbreaking secara simbolis sejumlah proyek besar, yaitu pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan Investasi USD 103 juta lebih. Dan pembangunan bentang panjang jembatan Pulau Balang dan Tenaga Nuklir Kalimantan Timur. (adv/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.