Tahap Pertama, 16 Desa di PPU Dapat Ambulance Gratis

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

AMBULANCE GRATIS DIBAGIKAN.Program Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar. (Subur - Humas Setkab PPU)

AMBULANCE GRATIS DIBAGIKAN.Program Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar. (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Yusran Aspar, Rabu (25/11), menyerahkan mobil ambulance kepada 16 desa. Untuk tahap berikutnya, ada 30 desa dan kelurahan yang berada jauh dari pusat kesehatan juga akan mendapatkan bantuan mobil ambulance.

“Program pengadaan ambulance diseluruh desa/kelurahan ini, untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten,” jelas Kepala Kantor BPMPD PPU, Dul Azis.

Sementara Plt Sekretaris Daerah Kabupaten PPU, Tohar, mengatakan pemberian mobil ambulance tersebut dilakukan secara bertahap mengingat hampir seluruh wilayah desa/kelurahan di PPU belum memiliki mobil ambulance

“Pengadaan mobil ambulance ini untuk mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terkait transportasi warga yang sakit untuk berobat di Puskesmas terdekat atau RSUD,” ujarnya.

Tohar memastikan 30 desa dan kelurahan lainnya akan mendapatkan mobil ambulance gratis dari pemerintah setempat pada tahun ini (2015), dimana sebelumnya ada desa yang ditunda diberikan bantuan ambulance karena penyesuaian lokasi dan jarak.

“Pengadaan 30 unit mobil ambulance itu, menelan biaya Rp6.5 miliar dengan harga satu unit mobil ambulance Rp215 juta,” ujarnya.

Untuk pemeliharaan ambulance, tambahnya, menjadi tanggung jawab kepala desa/lurah. “Pemerintah desa/kelurahan merawat dan menanggung dana operasional ambulance itu, melalui ADD (Alokasi Dana Desa), dan Dana Pemberdayaan Masyarakat untuk kelurahan,” jelas Tohar. (adv/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.