Penderita HIV/AIDS Di Penajam Bertambah Empat Orang

AH Ari B
Penajam, helloborneo.com – Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bertambah empat orang, setelah Dinas Kesehatan setempat memastikan dua pasangan suami istri (pasutri) positif terinveksi HIV.

“Empat pasien baru yang ditemukan terinfeksi HIV itu merupakan pasangan suami istri yang berasal dari luar daerah,” jelas Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Eka Wardhana saat dihubungi di Penajam, Selasa.

Menurut Eka Wardhana, kedua pasutri tersebut telah menjalani VCT atau tes HIV dan hasil tes menunjukan kedua pasangan suami istri itu positif terinfeksi HIV. Dengan ditemukan dua pasutri terinfeksi HIV, maka ODHA (orang dengan HIV/AIDS) di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi 36 orang.

“Dari ke-36 ODHA itu 60 persen diantaranya berjenis kelamin perempuan. Mayoritas penularan HIV di Kabupaten Penajam Paser Utara akibat perilaku seks bebas,” ungkapnya.

Penyebaran HIV/ AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara seakan tidak terbendung, dan untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Eka Wardhana, Dinas Kesehatan berencana melakukan VCT atau tes HIV di lingkungan perusahaan.

“Kami juga akan optimalkan keberadaan klinik VCT (voluntary counseling and testing ) HIV di RSUD (rumah sakit umum daerah) sebagai langkah menekan penyebaran HIV/AIDS” katanya. (bp/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.