Kecamatan Penajam Mulai Cetak Surat Suara Pilkades

Suherman

Contoh surat suara yang di cetak oleh Kecamatan Penajam untuk Pilkades (Suherman - Hello Borneo)

Contoh surat suara yang di cetak oleh Kecamatan Penajam untuk Pilkades (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Kecamatan Penajam, Kabupetan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai melakukan pencetakan surat suara untuk Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak yang rencananya dimulai pada 15 Desember 2015.

“4.936 lembar surat suara untuk Pilkades telah kami print mulai, Jumat (4/12) dan akan rampung lima hari ke depan,” kata Sekretaris Camat Penajam Andi Hasparullah saat dihubungi di Penajam, Jumat.

Jumlah kertas suara yang dicetak di Kantor Kecamatan Penajam tersebut menurutnya, untuk Desa Bukit Subur sebanyak 601 lembar dengan DPT (daftar pemilih tetap) sebanyak 573 pemilih ditambah 5 persen dari jumlah DPT.

Kemudian untuk Desa Giri Mukti, lanjut Andi Hasparullah, sebanyak 4.335 lembar surat yang dicetak suara dengan jumlah DPT sebanyak 4.129 pemilih ditambah 5 persen dari jumlah DPT.

“Calon kepala desa di Desa Bukit Subur sebanyak 4 orang, sedangkan di Desa Giri Mukti lima calon kepala desa yang akan akan bertarung pada Pilkades serentak nanti,” ujarnya.

Penambahan lima persen kertas suara dari jumlah DPT untuk cadangan jika ada kertas suara yang rusak tersebut kata Andi Hasparullah, sesuai dengan Peraturan Bupat Penajam Paser Utara Nomor 21 Tahun 2015, tetang Pemilihan Kepala Desa.

Andi Hasparullah menyatakan, Kecamatan Penajam bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI setempat, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pada proses pencetakan serta pendistribusian surat suara sampai pada hari pelaksanaan Pilkades.

Semua kertas suara yang telah dicetak tersebut tambahnya, akan didistribusikan ke masing-masing desa bersamaan dengan kotak suara sebelum pelaksanaan Pilkades, dan semua tahapan itu diawasi langsung oleh pihak YNI dan kepolisian.

“Bilik suara kami salurkan pada hari Jumat (4/12)  di masing-masing TPS (tempat pemungutan suara), 2 TPS di Desa Bukit Subur dan dua TPSD di desa Giri Mukti. Dan semua persiapan Pilkades di Kecamatan Penajam berjalan lancar,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.