Dishubbudpar Penajam Berencana Bangun Lamin

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana membangun lamin untuk sarana memperkenalkan seni budaya di daerah itu.

Kasi Promosi, Pemasaran Produk Pariwisata Dishubbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara, Juzlizar Rahman, di Penajam, Kamis mengatakan, pada 2016 Disubbudpar mempunyai program mengembangkan dan meperkenalkan seni budaya daerah yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kami hanya memperkenalkan beberapa cabang atau sub seni budaya melalui agenda tahunan, karena masyarakat di Penajam Paser Utara heterogen yang terdiri dari berbagai suku, maka kami rencanakan membangun lamin pada 2016 sebagai sarana memperkenalkan seni budaya itu,” jelasnya.

Rencana pembangunan lamin tersebut lanjut Juzlizar Rahman, dilengkapi dengan sekretariat untuk masing-masing cabang seni budaya, sehingga pembinaan terhadap cabang kesenian dan kebudayaan tersebut dapat dilakukan dengan masksimal.

Kegiatan promosi seni budaya untuk menarik wisatawan lokal, domestik maupun manca negara menurut Juzlizar Rahman, telah dilakukan Dishubbudpar melalui sosialisai sadar wisata walaupun kegiatan yang dilakukan baru sampai tingkat provinsi.

Selain itu Dishubbudpar tambah dia, juga telah membentuk kelompok-kelompok kecil di desa untuk menggali potensi serta menciptakan inovasi-inovasi seni budaya di desa masing-masing. Serta memperkenalkan kekayaan budaya kepada seluruh pelajar SMA/SMK.

“Teman-teman yang terpilih menjadi duta wisata, juga harus giat mempromosikan situs dan objek wisata serta seni budaya, dengan meyebarluaskan informasi kepariwisataan dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara,” katanya.

“Sebagai kabupaten yang baru berusia 13 tahun pasca pemekaran wilayah, kami perlu melakukan kegiatan promosi wisata dan seni budaya lebih gencar lagi,” ujar Juzlizar Rahman. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.