Dinilai Berhasil, Penilai Panji Keberhasilan Kunjungi BPPKB Paser

Rapal JKN

 

Tana Paser, helloborneo.com – Dengan segala keterbatasan SDM, sarana dan prasarana serta kendala lapangan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mampu menekan pertumbuhan penduduk. Baik melalui pendekatan pembangunan Keluarga Sejahtera (KS) maupun pendekatan Keluarga Berencana (KB) atau 2 anak cukup, hal ini mendapat penilaian Tim Panji Keberhasilan.

Perluasan cakupan sasaran semakin terbuka pada tahun 2014, yakni saat status kelembagaan PPKB ditingkatkan dari kantor menjadi badan. Semula dikepalai pejabat eselon III, setelah ditingkatkan jadi badan dikepalai pejabat eselon II. Praktis jabatan di bawahnya juga ditingkatkan, dari kepala seksi (kasi atau eselon IV) menjadi kepala bidang (kabid atau eselon III).

“Dulu, urusan KB hanya ditangani seorang kasi, sekarang ada kabidnya sendiri. Begitu pula terhadap KS. Baik Kabid KB maupun Kabid KS membawahi 2 kasi. Melalui perjuangan merekalah, Paser meraih sejumlah prestasi dari tahun ke tahun. Semua ini berawal dari pengingkatan status kelembagaan PPKB,” kata Kepala Badan PPKB Paser Hj Faulina Widryani kepada Tim Penilai Panji Keberhasilan Pemprov Kaltim.

Berlangsung di ruang rapat Badan PPKB Paser, Tim Pemrov Kaltim yang diketuai M Takdir dengan anggota Iwan Antoro dan Aris Ananta mengkonfirmasi program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga kepada jajaran Badan PPKB Paser, meskipun gambaran upaya pembangunan KB dan KS melalui profil Badan PPKB Paser telah mereka pelajari.

Untuk memastikan laporan sesuai dengan kenyataan di lapangan, Tim Panji Keberhasilan Pemprov Kaltim meninjau langsung ke kabupaten/kota.

“Kita berharap tim juga menilai prestasi-prestasi yang diraih mitra kita. Seperti, rumah sakit, bidan dan kader-kader binaan PPKB serta duta mahasiswa/mahasiswi, sebagai kader bina keluarga remaja. Ditambah Paser menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional, sebagai besarnya bentuk perhatian Pemkab Paser terhadap program KB,” ucapnya.

Dikatakan, sejak PPKB dibentuk tahun 2009 hingga sekarang, tak sedikit prestasi yang berhasil diraih PPKB. Namun khusus untuk Panji Keberhasilan, baru Pemberdayaan Perempuan (PP) yang meraihnya.

“PP dapat dua kategori, penilaian 2013 juara dua, penilaian 2014 juara pertama. Kita berharap KB juga mendapatkannya tahun depan, biar tropi PP dan KB bisa dikawinkan. Artinya, sudah berpasangan,” jelasnya.

Adapun prestasi-prestasi KB yang diraih dalam beberapa tahun ini. Seperti diantaranya, juara 1 putri lomba duta mahasiswa, juara 1 putra diajang yang sama. Juara 1 lomba kader BKL, juara 1 lomba kelompok UPKKS, juara 1 lomba Bidan Pelopor, juara 2 lomba kader Bina Keluarga Balita (BKB), juara 2 lomba Promosi dan Konseling Kesehatan Reprodukasi Rumah Sakit Tipe C dan prestasi lainnya tingkat Kaltim lainnya. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.