Legislator : Tingkat Partisipasi Pilkades Penajam Hanya 64 Persen

AH Ari B

 

Ketua Komisi I DPRD Kab PPU, Fadliansyah (Suherman - Hello Borneo)

Ketua Komisi I DPRD Kab PPU, Fadliansyah (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Legislator dari Komisi I DPRD Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Fadliansyah mengatakan tingkat partisipasi masyarakat setempat pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2015 hanya 64 persen dari total daftar pemilih tetap sebanyak 23.623 orang

“Total DPT (dafrta pemilih tetap) dari 14 desa yang melaksanakan pilkades pada 15 Desembar 2015 sebanyak 23.623 pemilih, tapi tingkat partisipasi masyarakat hanya 65 persen,” ungkap Fadliansyah, saat dihubungi di Penajam, Rabu.

Fadliansyah yang juga sebagai Ketua Komisi I DPRD Penajam Paser Utara itu menegaskan, pandangan masyarakat yang menganggap pemeilihan kepala desa tidak penting harus dirubah, karena pandangan tersebut menjadi salah satu faktor meinmnya tingkat partisipasi pemilih.

“Pandangan negatif masyarakat terhadap pilkades itu menjadi penyebab minimnya partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS (tempat pemungutan suara) pemilihan kepala desa,” katanya.

Kurangnya tingkat partisipasi pemilih pada pilkades tersebut lanjut Fadliansyah, karena sikap masyarakat yang cenderung meremehkan dan menganggap pilkades tidak penting dibanding dengan pemilihan kepala daerah atau pemilihan legislatif.

Fadliansyah berharap, ada upaya dari panitia pelaksana pemilihan kepala desa untuk dapat memberikan pemahaman dan pendidikan politik terhadap masyarakat di setiap desa di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Beri pemahaman dan pendidikan politik di setiap desa sangat penting melalui sosialisasi atau penyuluhan,” ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Selain itu Fadliansyah juga meminta pantia pelaksana pilkades dapat melakukan evaluasi agar pelaksanaan pilkades tahap dua pada 2017 dapat berlangsung sukses dan tingkat partisipasi pemilih meningkat. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.