DKP Penajam Lengkapi Nelayan dengan Kartu Identias

AH Ari B

 

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Trasodiharto (Suherman - Hello Borneo)

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Trasodiharto (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur melengkapi nelayan di daerah setempat dengan kartu identitas.

“Kami baru menyelesaikan 1.700 kartu identitas dari 4.200 nelayan yang ada, sehingga masih ada sekitar 2.500 nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara belum memiliki kartu identitas tersebut,” ujar Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Trasodiharto saat dihubungi di Penajam, Kamis.

Pada 2016, kata Andi, DKP Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pengadaan alat cetak dan akan langsung mendatangi para nelayan, sehingga dapat mengakomodasi pembuatan kartu identitas seluruh nelayan di daerah itu.

“DKP Kabupaten Penajam Paser Utara akan mengadakan mesin cetak sebagai upaya jemput bola menjalankan program Menteri Keluatan Perikanan terkait pembuatan kartu identitas nelayan,” jelasnya.

Proses pembuatan kartu identitas nelayan lanjut Andi Trasodiharto, memerlukan waktu yang lama, karena nelayan harus mendaftarkan indentitas dengan mengisi formulir dan fotokopi KTP. Kemudian, data tersebut akan dikirim ke pemerintah provinsi dan pusat, selanjutnya dikembalikan lagi ke provinsi untuk dicetak.

“Kartu identitas itu akan memudahkan nelayan dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa peralatan dan perlengkapan serta mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu kartu identitas nelayan tersebut tambah Andi Trasodiharto, juga berfungsi sebagai kartu identitas kegiatan usaha perikanan tangkap, serta dapat melacak lokasi nelayan kecil yang menggunakan kapal di bawah 30 GT karena dilengkapi dengan “chip”. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.