Ibrahim : Siap Berbagi Ilmu Pemanfaatan Lahan Kosong

Rapal JKN

 

Pemanfaatan lahan kosong langsung dipraktekan Pj Bupati Paser, Ibrahim. (Rapal JKN - Hello Borneo)

Pemanfaatan lahan kosong langsung dipraktekan Pj Bupati Paser, Ibrahim. (Rapal JKN – Hello Borneo)

Tana Paser, helloborneo.com – Setiap berkunjung ke desa-desa di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Penjabat (Pj) Bupati Paser, Ibrahim nyaris tak pernah melewatkan perkembangan komoditi pertanian desa-desa tersebut, apalagi secara khusus menghadiri acara pembangunan pertanian, tanpa diminta dia selalu siap berbagi ilmu bagaimana pemanfaatan lahan.

Seperti dalam acara tanam perdana kacang kedelai di Desa Binangon, Kecamatan Muara Komam, Selasa (22/12) lalu, Ibrahim mengarahkan Kelompok Tani (Poktan) Durian Desa Binangon untuk menanam tanaman pangan yang ditunjang dengan tanaman lain, sehingga dapat menambah penghasilan petani.

Didampingi Kapten Inf Suryono dari Kodim 0904/TNG dan Camat Muara Komam M Zuhri, Ibrahim kemudian mencontohkan, jika tanaman pangan adalah kacang kedelai, maka Poktan Durian dapat menanam buah lai (sejenis durian), sebagai tanaman yang dapat menambah penghasilan.

“Kalau masih ada lahan kosong, jangan lupa menanam bibit buah lai, komoditi pertanian ini akan menambah penghasilan Bapak-Bapak. Saya tetap berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim untuk memberikan dukungan bibit dan penyuluhan,” kata Ibrahim dan berjanji akan membantu bibit buah lai untuk Poktan Durian.

Tidak itu saja, Kepala Dinas Pertanian Pemprov Kaltim ini juga memotivasi Poktan Durian untuk tidak larut pada turunnya nilai jual komoditi pertanian. Seperti buah sawit dan karet, sehingga mengurangi semangat kerja petani.

“Ingat petani jangan memikirkan harga jual, ini akan berakibat banyak pertimbangan dalam beraktivitas, kita kerjakan saja, Insya Allah mendapatkan berkahNya,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Muara Komam M Zuhri mengatakan kehadiran Pj Bupati Paser H Ibrahim di acara tanam perdana kacang kedelai itu sangat membantu petani keluar dari permasalahan yang selama ini membelit mereka, terutama dihadapkan pada turunnya nilai jual hasil produksi karet dan buah sawit mereka.

“Pak Pj Bupati tak hanya memberi arahan dan motivasi, tapi juga berjanji akan membantu bibit buah lai agar komuditas pertanian di Muara Komam lebih beragam, tentunya keanekaragaman itu akan memberikan ciri khas komoditi unggulan Desa Binangon,” kata Zuhri, Jumat. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.