Kontraktor Datangi Kantor Bupati Penajam Tuntut Pembayaran

AH Ari B

 

Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar

Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar

Penajam, helloborneo.com – Sejumlah Kontraktor mendatangi Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menuntut pemerintah setempat memberikan kepastian waktu pembayaran proyek yang telah dikerjakan pada tahun ini (2015).

“Kami datang ke Kantor Pemkab Penajam Paser Utara, karena sampai saat ini anggaran pengerjaan proyek yang telah dilaksanakan belum dicairkan pemerintah,” kata salah satu kontraktor Anton Kusuma Pribadi di Penajam, Selasa.

“Para kontraktor dalam keadaan terpojok karena mulai ditagih oleh pekerja dan toko material, sehingga kami meminta kepastian pemerintah daerah melakukan pembayaran terhadap pekerjaan yang telah dilaksanakan,” jelasnya.

Namun para kontrator keberatan lanjut Anton Kusuma Pribadi, jika pembayaran dilakukan pada anggaran perubahan 2016, karena pada anggaran pembiayaan 2014 sampai saat ini masih ada pengerjaan proyek yang telah dilaksanakan belum dibayarkan pemerintah daerah.

“Diperkirakan antara 60 sampai 70 kontraktor rekanan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, belum menarima pembayaran pada anggaran perubahan 2015 ini,” ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar mengatakan, kondisi keuangan daerah saat ini dipengaruhi belum disalurkannya dana bagi hasil dari pemerintah pusat sekisar Rp260 miliar.

“Dari sisi penyusunan APBD tidak ada yang salah, tapi sampai dengan pekan keempat Desember 2015 pemerintah pusat belum mentransfer dana bagi hasil untuk triwulan keempat, berdampak pada pembayaran sejumlah kontraktor yang telah melaksanakan pekerjaannya,” jelasnya.

Dari anggaran bagi hasil pada triwulan keempat yang belum disalurkan oleh pemerintah pusat sekisar Rp260 miliar tersebut tambah Tohar, salah satunya untuk membayar tagihan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berkisar Rp113 milar. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.