Ratusan Sarang Walet di Penajam Tidak Miliki IMB

Bagus Purwa

Kepala Badan Pelayan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal  Penajam Paser Utara Andrian Amsyar (Suherman - Hello Borneo)

Kepala Badan Pelayan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Penajam Paser Utara Andrian Amsyar (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, halloborneo.com – Sekitar 100 bangunan sarang burung walet di wilayah Penajam Paser Utara, tidak memiliki IMB (izin mendirikan bangunan), kata Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Adriani Amsyar.

“Ratusan permohonan penerbitan IMB sarang walet itu limpahan dari Dinas Pekerjaan Umum, dan belum  bisa kami terbitkan karena melanggar Peraturan daerah Nomor 13 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet di Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas Adriani Amsyar, saat dihubungi di Penajam, Selasa.

Perda tersebut menegaskan, bangunan sarang walet tidak diperbolehkan dibangun di dekat perkantoran, pemukiman warga, kawasan industri, pasar dan kawasan pariwisata.

Menurut Adriani Amsyar, kenyataan di lapangan bangunan sarang burung walet tersebut berada di wilayah pemukiman warga, sehingga jika IMB diterbitkan akan melanggar karena tidak sesuai Perda 13/2010 itu.

“Banyak warga sebelum mengajukan permohonan penerbitan IMB sarang walet telah mendirikan bangunan terlebih dahulu, sehingga banyak bangunan yang menyalahi peraturan,” ujarnya.

BP2TPM Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Adriani Amsyar, akan melakukan komunikasi dengan warga, jika bangunan sarang burung walet yang berada di wilayah pemukiman tersebut menggangu warga sekitar akan dilakukan pembongkaran paksa.

“Kalau bangunan sarang burung walet yang sudah terlanjur berdiri itu melanggar peraturan daerah bisa dibongkar paksa,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.