Penajam Lakukan “Assessment” Pejabat

AH Ari B

 

Kepala Bidang Pengembangan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin (Dika - Hello Borneo)

Kepala Bidang Pengembangan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin (Dika – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melakukan “assessment” atau uji kompetensi jabatan terhadap pejabat eselon II dan III A di lingkungan pemerintahan setempat, yang dilaksanakan pada 18-20 Januari 2016.

“Uji kompetensi itu dilakukan agar pemerintah daerah memiliki bank data kepegawaian pejabat yang memiliki kompetensi serta kinerja baik untuk ditempatkan sebagai kepala dinas,” kata Kepala Bidang Pengembangan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin, saat dihubungi di Penajam, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, akan mengundang tim penguji dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melakukan uji kompetensi terhadap 30 pegawai eselon II dan eselon III A tersebut.

“Tim penguji pada “assessment” itu langsung dari BKN, diharapkan dapat mengetahui pejabat yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalankan tugas serta mampu mengimplementasikan program atau kegiatan daerah sampai ke tingkat bawah,” kata Khairuddin.

“Pejabat akan mengikuti tes kompetensi, di antaranya tes kejiwaan, wawancara serta diskusi dalam rangka “problem solving” atau pemecahan masalah berdasarkan data dan informasi yang akurat,” jelasmya.

“Assessment” atau uji kompetensi jabatan tersebut menurut Khairuddin, wajib diikuti seluruh pejabat eselon II yang menduduki jabatan struktural atau pejabat pratama, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Melalui kegiatan uji kompetensi itu, kepala deerah mengharapkan dapat menyiapkan kader pejabat potensial sebagai calon pengganti pejabat yang akan memasuki masa pensiun,” ujarnya. (bp/*esa)




One thought on “Penajam Lakukan “Assessment” Pejabat

  1. Helena Lin Legi

    Assesment…. tapi masih dipindah2 juga. Assesmenx dimana, ditempatkanx dimana. Oooh… PPU. Ada-ada aja…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.