Pertumbuhan Penduduk Penajam Capai 2,5 Persen

AH Ari B

 

Kadisdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Gusti - Hello Borneo)

Kadisdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto (Gusti – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mencapai 2,5 persen sehingga sekarang jumlah penduduk sudah 190.367 jiwa, kata Kepala Dinas Kepndudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Suyanto.

“Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara itu bukan hanya dari kelahiran, tetapi juga dari migrasi,” kata Suyanto, saat dihubungi di Penajam, Rabu.

“Kami mencatat pengajuan berkas migrasi penduduk ke Kabupaten Penajam Paser Utara, meningkat sepuluh persen dari biasanya,” ungkapnya.

Memasuki awal tahun ini (2016) menurut Suyanto, Disdukcapil banyak menerima laporan dari desa/kelurahan terkait penambahan penduduk baru, dan tercatat jumlah penduduk sampai saat ini mencapai 190.367 jiwa.

Pertambahan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, sepanjang Januari hingga Desember 2015 diperkirakan mencapai sekitar 4.000 jiwa, yang dipicu dari angka kelahiran yang mengalami peningkatan.

Selain itu angka pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Suyanto, juga dipicu peningkatan jumlah pencari kerja dari luar daerah, sehingga Disdukcapil akan melakukan validasi data dengan melibatkan pemerintah desa dan kelurahan.

“Pertumbuhan alamiah dihitung dari kelahiran kasar hingga kematian kasar, pertumbuhan migrasi dihitung dari pertumbuhan total hingga pertumbuhan alamiah,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.