Puskesmas Penajam Lakukan “fogging” Cegah DBD

AH Ari B

 

Tim Puskesmas Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, lakukan “fogging”  tekan penyebaran DBD (AH Ari B - Hello Borneo)

Tim Puskesmas Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, lakukan “fogging” tekan penyebaran DBD (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Tim Puskesmas Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan penyemprotan atau “fogging” untuk memberantas sarang nyamuk mencegah bertambahnya kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Pukesmas Penajam, Ahmad, di Penajam, Rabu mengatakan, tim melakukan “fogging” terhadap puluhan rumah di Kelurahan Nenang. Dan Puskesams Penajam melayani permintaan masyarakat yang menginginkan dilakukan penyemprotan untuk memberantas sarang nyamuk di wilayahnya.

“Kegiatan itu dilakukan sehubungan dengan adanya peningkatan jumlah kasus DBD di wilayah kelurahan Nenang,” ujarnya.

“Hingga pertengahan Januari 2016 Puskesmas Penajam telah menemukan sedikitnya 5 warga terserang penyakit demam berdarah dengue,” ungkap Ahmad.

Terjadinya kasus DBD di wilayah Puskesmas Penajam menurut dia, karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim selama beberapa hari terakhir, sehingga masyarakat untuk lebih waspada dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

“Fogging” atau penyemprotan untuk ntuk memberantas sarang nyamuk dan pemberian abate tambah Ahmad, bukan satu-satunya jawaban untuk antisipasi DBD, tetapi jauh lebih penting adalah mengubah perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Perkembangan nyamuk membutuhkan wadah, seperti penampungan air sebagia medium tumbuh kembangnya jentik, upaya efektif tekan DBD adalah Gerakan 3M Plus yakni, mengubur, menutup dan membersihkan tempat-tempat yang menjadi genangan air,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.