Produksi Air PDAM Penajam Menurun Akibat Mesin Rusak

AH Ari B

Penajam, helloborneo.com – Produksi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejak sepekan terakhir mengalami penurunan akibat terjadinya kerusakan pada dua mesin pompa.

“Dua mesin pompa penghisap milik PDAM rusak sehingga berpengaruh terhadap produksi air bersih yang semakin menurun,” kata Kepala Bidang Teknik PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara, Aminuddin saat dihubungi di Penajam, Senin.

“Bissanya dengan empat mesin pompa produksi air bersih bisa mencapai 70 lter per detik, tapi kini hanya mampu sekitar 50 liter per detik atau terjadi penurunan 20 liter per detik,” jelasnya.

Selain masin pompa penghisap lanjut Aminuddin,  masin distribusi juga mengalami kerusakan sehingga membuat suplai air kepada pelanggan sejak beberapa hari terakhir mengalami gangguan atau kerap tidak mengalir.

“Kerusakan mesin pompa dan mesin distribusi itu terjadi sejak sepakn lalu, diduga karena sudah termakan usia dan sering terkena zat asam air sungai,” katanya.

Aminuddin menjelaskan, selama pengerjaan perbaikan dua mesin pompa dan satu distribusi berlangsung, distribusi ke pelanggan akan mengalami gangguan dan diperkirakan distribusi air bersih kembali normal pada pekan depan.

“Kami sedang melakukan perbaikan kerusakan mesin pompa dan mesin distribusi itu dan telah memesan “spare parts” atau komponen di daerah lain,” katanya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.