Tohar Minta Kegiatan Seremonial Ditunda

AH Ari B

 

Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Suherman - Hello Borneo)

Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (Suherman – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Tohar meminta kegiatan seremonial terkait kondisi keuangan daerah tahun ini (2016) mengalami penurunan.

“Kondisi keuangan daerah saat ini cenderung mengalami penurunan sehingga ada kebijakan melakukan perubahan dan rasionalisasi terhadap APBD 2016,” kata Tohar, saat dihubungi di Penajam, Selasa.

Seiring dengan telah diserahkan DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) kepada masing-masing SKPD dan terjadi penurunan anggaran pada APBD 2016 lanjut Tohar, masing-masing SKPD harus merasionalisasi anggaran belanja pada APBD 2016.

“Sesuai Instruksi Bupati Nomor 138.5/2016 tertanggal 18 Januari 2016, seluruh SKPD harus lakukan rasionalisasi belanja APBD 2016,” jelasnya.

Dalam instruksi Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar tersebut menurut Tohar, ada empat catatan penting di antaranya, kepala SKPD diminta melakukan penghematan dalam belanja DPA masing-masing SKPD, serta merasionalisasikan belanja daerah yang bersumber dari dana bantuan pemerintah provinsi.

“Kepala daerah menekankan SKPD hemat dalam penggunaan anggaran belanja pada APBD 2016, baik yang bersumber dari kabupaten maupun dari provinsi,” ujarnya.

Selain itu dengan adanya pengurangan dana bagi hasil dari pemerintah pusat serta pengurangan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Ti,mur pada tahun ini (2016) tambah Tohar, segala kegiatan yang dinilai tidak penting atau bersifat seremonial diharapkan dapat ditunda.

Penyerahan DPA APBD 2016 kepada pimpinan SKPD yang dilaksanakan pada Senin (18/1) pukul 19.30 Wita, secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ dan dihadiri Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Haeran Yusni. (bp/rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.