Kabupaten Penajam Menuju Kota Layak Anak

AH Ari B

 

Penajam, halloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melalui Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan terus berkomitmen memenuhi berbagai indikator guna menuju Kota Layak Anak.

“Kami menggelar audensi terkait KLA (kota layak anak) sebagai upaya membangun Kabupaten Penajam Paser Utara menuju kota layak anak,” kata Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP-KB) Kabupaten Penajam Paser Utara, Siti Aminah, pada acara audensi KLA di Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Rabu.

“Sejak dicanangkannya KLA di Provinsi Kalimantan Timur pada 2010 sebagai salah satu dari 10 provinsi lainnya dalam pengembangan KLA, kami terus melakukan persiapan menuju ke arah sana,” ujarnya.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ mengatakan, untuk dapat menjadikan Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai kota layak anak harus memenuhi empat kriteria, di antaranya menyediakan hak atas pendidikan, kesehatan dan perlindungan sosial serta fasilitas.

“Saya berharap masyarakat dan swasta dapat ikut serta membangun fasiltas dan sarana kota layak anak di Penajam Paser Utara, melalui program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan,” katanya.

Sementara Kepala Badan PP-KB Provinsi Kaltim, Ardiningsih menjelaskan, indikator penilaian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sangat banyak. Termasuk di dalamnya seperti perlindungan terhadap kekerasan anak, pelecehan seksual, penjualan anak dan sebagainya.

“Anak juga harus memiliki memiliki akta kelahiran, kehidupan anak harus ada yang mengurusi atau mengasuh, semua anak harus sehat dan sejahtera, semua anak memperoleh kebutuhannya dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, untuk menuju KLA tersebut tambah Ardiningsih, juga membutuhkan data dan informasi tentang anak yang akurat dan valid sebagai pendukung dalam proses pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan KLA.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Badan PP-KP Provinsi Kaltim, Ardiningsih menyerahkan SK (surat keputusan) Gubernur Kaltim Awang Faorek Ishak tentang penunjukan dan penetapan Kabupaten Penajam Paser Utara menuju KLA kepada Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim.Mz.

Selain Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ, audensi KLA tersebut juga dihadiri Kepala Badan PP-KB Provinsi Kaltim, Ardiningsih, Kepala Kantor PP-KB Kabupaten Penajam Paser Utara, Siti Aminah serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.