Perhitungan KPU Kalteng Real Tanpa Rekayasa

Eef JKN

Kodim Tanah Grogot beserta KBO siap amankan Pilkada Paser. (Rapal JKN - Hello Borneo)

Ilustrasi. (Rapal JKN – Hello Borneo)

Palangka Raya, helloborneo.com — Rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, masih dilakukan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK ). Namun, Tim Pemenangan pasangan calon gubernur saling klaim kemenangan di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Komisi Pemilhan Umum Kalimantan Tengah memastikan proses yang dijalankan tanpa ada rekayasa.

Tim Pasangan Calon Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Habib H Said Ismail (Sohib ), Abdul Razak mengatakan bahwa pasangan Sohib menang di sembilan Kabupaten dari 14 Kabupaten se-Kalteng.

“Bismillah.. Berdasarkan hasil Real Count Tim Pemenangan, perolehan suara sementara pasangan SOHIB unggul di 9 Kabupaten dari 14 Kabupaten se Kalimantan Tengah,” ujar Abdul Razak saat menggelar konferensi pers di Swiss Bel Danum Kota Palangka Raya.

Dia mengatakan Sembilan daerah yang dimaksud berada di wilayah Barat seperti di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau, Sukamara, Barito Utara, Barito Selatan, Kapuas, dan Pulang Pisau.

Sementara pasangan Willy M . Yoseph dan Wahyudi K . Anwar, (WIBAWA) unggul di Kota Palangka Raya, Gunung Mas, Katingan, Murung Raya, dan Kabupaten Barito Timur.

Calon Gubernur Kalteng, Sugianto optimis dalam perhitungan suara akhir yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalteng nanti, tidak jauh berbeda. Dan meminta pendukung Sohib untuk menjaga dan mengawal perhitungan suara dari kecurangan.

“Saya yakin hasil perhitungan di KPU tidak jauh beda dari hasil Real Count Tim Sohib dan lainnya. SOHIB akan unggul 3,5 sampai 4 persen dari pasangan WIBAWA. SOHIB menghimbau dan memohon kepada seluruh masyarakat pendukung untuk menjaga hasil jumlah perhitungan suara di sembilan Kabupaten,” harapnya.

Selain itu, Tim Gugus Tugas Pemenangan Ppasangan Calon Gubernur nomor urut 2 Willy M Yoseph dan Wahyudi K Anwar (Wibawa ), Deddy Sitorus juga mengaku berdasarkan hasil perhitungannya mereka menang di delapan kabupaten .

Namun kabupaten mana saja yang menang tidak disampaikan secara terbuka. Hasil rekapitulasi internal yang berasal pada formulir C 1 yang sudah terkumpul maupun penerimaan dari pesan singkat dari saksi yang berada di Tempat Pemungutan suara (TPS ) dengan selisih suara yang sangat tipis .

“Saya lebih baik tidak menyampaikan persentasenya, mungkin jika sudah 75 persen yang masuk lebih enak menyampaikan karena akan lebih stabil . Dari data yang diperoleh kita menang di 8 daerah dan kalah di 6 daerah dan proses sekarang masih berjalan ,” ungkapnya saat jumpa pers.

Sementara itu, hingga Jum’ at (29/1/2016 ) pukul 19.58 WIB, perolehan Suara sementara pasangan calon Gubernur nomor urut satu, Sugianto Sabran-Habib H Said Ismail (Sohib ) unggul sekitar 3,66 persen dari Pasangan Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar (Wibawa ). Perhitungan suara tersebut berdasarkan rekapitulasi C 1 pada di situs resmi Perhitungan suara pilkada 2015 milik KPU.

Pasangan Sohib memperoleh 483.813 suara atau 51 ,84 persen dan Pasangan Wibawa memperoleh 449.552 suara atau 48,16 persen. Jumlah suara tersebut merupakan rekapitulasi data yang masuk berasal dari 5.286 TPS dari total 5.755 TPS se Kalimantan Tengah .

Selain itu juga, dari hasil delapan kabupaten yang sudah 100 persen, pasangan Sohib unggul di lima Kabupaten yang telah 100 persen rekapitulasi C 1 nya, antara lain Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Lamandau, Pulang Pisau, dan Sukamara. Sedangkan pasangan Wibawa ungul di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Barito Timur, Katingan dan Kota Palangka Raya.

Kabupaten yang belum sampai 100 persen ada enam kabupaten antara lain Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Murung Raya dan Seruyan. (rol)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *