PLN Berjanji Atasi Kekurangan Listrik di Penajam

AH Ari B

 

 Mesin Listrik PLN Rayon Petung (L Gustian – Hello Borneo)

Mesin Listrik PLN Rayon Petung (L Gustian – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Balikpapan, berjanji akan segera mengatasi kekurangan daya listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kami akan merelokasi mesin pembangkit yang rusak di PLTD (pembangkit listrik tenaga diesel) Girimukti, untuk mengatasi kekurangan listrik di wilayah Penajam Paser Utara,” kata Manajer PLN Area Balikpapan, Natan saat rapat koordinasi membahas kekurangan daya listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu.

Menurut dia, PLN Area Balikpapan akan menempatkan enam unit mesin pembangkit listrik baru dengan kapasitas sekitar 800 kilowatt di PLTD Girimukti, ditargetkan enam unit mesin pembangkit tersebut tiba di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Maret 2016.

“Enam unit mesin pembangkit listrik sewa yang akan ditempatkan di PLTD Girimukti itu memiliki kapasitas sebesar 3,4 megawatt,” ujar Natan.

“Pertumbuhan beban listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara, mulai 2004 sampai 2015 mencapai 15 persen, itu pertumbuhan yang cukup signifikan,” jelasnya.

Selain menempatkan enam esin pembangki listrik baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Natan, PLN juga akan melakukan peremajaan mesin pembangkit yang ada, sebagai upaya penanggulangan jangka menengah dan jangka panjang.

“Peremajaan mesin itu, kami akan membeli mesin pembangkit listrik baru untuk mempercepat koneksi   SUTT (saluran udara tegangan tinggi) ke sistem kelistrikan Mahakam,” katanya.

“Upaya penanggulangan jangka menengah dan jangka panjang itu, kami targetkan rampung pada tahun ini (2016),” ujar Natan.

Selain itu sejumlah wilayah di Penajam Paser Utara, yang masih kekurangan daya listrik, seperti di wilayah Kelurahan Riko, Gersik dan Kelurahan Pantai Lango, tambahnya, juga akan menjadi perhatian PLN. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.