PU Balikpapan Tunda Beberapa Proyek Fisik

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menunda pengerjaan beberapa kegiatan atau proyek fisik pada 2016, seiring adanya kebijakan pemotongan anggaran sebesar 15 persen dari pemerintah kota setempat.

“Tahun 2016, kami mendapatkan alokasi anggaran pembangunan fisik sekitar Rp700 miliar, tapi yang dapat digunakan hanya Rp595 miliar, sehingga ada beberapa kegiatan fisik yang terpaksa harus ditunda,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Tara Alorante saat dihubungi di Balikpapan, Sabtu.

“Kami telah memberikan pertimbangan-pertimbangan teknis kepada kepala daerah terkait proyek PU yang ditunda itu,” ujarnya.

Namun, Tara Alorante, tidak bersedia menyebutkan paket kegiatan atau proyek fisik yang ditunda tersebut.

Konsep pemilihan proyek yang ditunda tersebut, lanjut dia, sudah selesai disusun dan selanjutnya dilakukan pembahasan dengan panitia anggaran.

“Semua paket proyek sudah siap untuk ditender, karena ada penghematan anggaran sehingga kami belum berani umumkan paket yang akan dilelang,” kata Tara Alorante.

Kendati ada pemangkasan anggaran, Tara Alorante menjamin proyek besar seperti pembangunan Balikpapan Islamic Center, stadion utama dan gedung parkir yang merupakan kegiatan dengan anggaran `multiyears` atau tahun jamak terus berjalan, karena anggaran untuk pembayaran pengerjaan proyek itu sudah disiapkan.

“Pengerjaan proyek-proyek itu sudah kontrak dan berjalan sesuai kontrak kerja, anggaran pembayaran sudah siap. Kegiatan tahun jamak itu tuntas pada tahun ini dan jadi prioritas PU, sehingga terus berjalan sesuai kontrak kerja,” jelasnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.