Batan Berencana Bangun Riset Nuklir di Penajam

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wakil Bupati  Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ beserta rombongan Batan saat meninjau lokasi pembagunan Pustin di Kawasan Industri Buluminung (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ beserta rombongan Batan saat meninjau lokasi pembagunan Pustin di Kawasan Industri Buluminung (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Badan Tenaga Nuklir (Batan) berencana membangun Pusat Sains, teknologi dan Industri Nuklir atau Pustin di Kawasan Industri Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ di Penajam, Rabu mengatakan, Batan telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara, untuk persiapan pembangunan Pustin di Kawasan Industri Buluminung, Kecamatan Penajam.

“Kunjungan Batan itu, juga sebagai percepatan pelaksanaan pembangunan Pustin di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ucapnya.

Pusat Sains, teknologi dan Industri Nuklir tersebut menurut Mustaqim, merupakan bagian dari STP (science and technology) yang dirancang Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) Republik Indonesia.

“Pustin yang dirancang Kemenristek Dikti itu akan dibangun di Kawasan Industri Buluminung, dengan luas lahan sekitar 4,8 hektare,” ujarnya.

Sebelumnya lanjut Mustaqim, Batan telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, di Samarinda, terkait rencana pembangunan Pustin di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut.

“Gubernur mendukung, karena Pustin merupakan area terpadu yang terdapat berbagai fasilitas dengan SDM (sumber daya manusia) yang memadai,” katanya.

Gubernur Awang Faroek Ishak juga mengatakan, tambah Mustaqim, Pustin yang berbasis teknologi nuklir dalam satu tatanan yang saling berkaitan dan menunjang tersebut, sangat bermanfaat bagi pendidikan, pelatihan, riset dan pengembangan, serta inovasi berdasarkan standar keselamatan yang tinggi. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.