Transmisi Jaringan Listrik Kaltim-Kalsel Terkoneksi 2017

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Manajer Perusahaan Listrik Negara Area Balikpapan, Kalimantan Timur, Natan mengatakan, diperkirakan transmisi jaringan listrik sistem Kaltim dan Kalsel akan terkoneksi pada 2017.

“Interkoneksi listrik Kalimantan, merupakan proyek jangka panjang yang dilakukan oleh PLN Kaltim dan Kalimantan, kami perkirakan pada 2017 transmisi jaringan mulai terkoneksi,” kata Natan saat dihubungi di Balikpapan, Rabu.

Transmisi sistem jaringan listrik Kaltim-Kalsel tersebut diharapkan sudah tersambung pada 2017, karena gardu induk antara Kuaro, Kabupaten Paser dan Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara sudah terbangun.

“Gardu induk itu untuk antisipasi pertumbuhan beban listrik seiring perkembangan Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser,” jelas Natan.

Namun menurut dia, masih ada kendala terkait pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan 28 menara antara Kuaro-Petung.

“Kami berharap tahun ini (2016) pembebasan lahan 28 titik menara itu rampung, pemerintah daerah sudah membantu dan tinggal negosiasi dengan pemilik lahan,” ujar Natan.

Pelanggan PLN Area Balikpapan, di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser sampai saat ini tambahnya, berjumlah 289 ribu pelanggan, 91 persen di antaranya merupakan pelanggan kelas rumah tangga. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.