Penajam Targetkan PAD Pelabuhan Rp1 Miliar

AH Ari B

 

Kepala Dispenda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Dispenda Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menergetkan PAD (pendapatan asli daerah) dari Pelabuhan Benuo Taka Rp1 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno saat dihubungi di Penajam, Selasa mengatakan, meski Pelabuhan Benuo Taka yang berada di Kawasan Industri Buluminung baru dioperasionalkan, pada Januari 2016 diharapkan dapat meningkatkan PAD.

“Pelabuhan milik pemerintah daerah itu, dapat menjadi solusi terhadap penurunan dana bagi hasil dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Tur Wahyu Sutrisno optimisitis, PAD dari penarikan retribusi kepelabuhanan dan pendapatan lainnya di Pelabuhan Benuo Taka yang ditargetkan pemerintah daerah sekitar Rp1 miliar tersebut akan tercapai.

“Potensi PAD Pelabuhan Benuo Taka dari sewa kantor dan biaya bongkar muat bisa mencapai belasan miliar rupiah,” ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Tur Wahyu Sutrisno, tengah menyiapkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding /MoU terkait pembagian saham dengan pihak  PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Cabang Balikpapan yang akan mengelola Pelabuhan Benuo Taka tersebut.

Sedangkan untuk target PAD Kabupaten Penajam Paser Utara, pada tahun ini (2016) tambah Tur Wahyu Sutrisno, mencapai sekitar Rp73 miliar atau meningkat Rp4 miliar dari 2015 yang hanya Rp69 miliar.

“Kami berencana melakukan sosialisasi pajak baru, seperti rumah kos untuk merealisasikan target PAD 2016 itu,” katanya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.