Bendungan Teritip Balikpapan Rampung Agustus 2016

Bagus Purwa

Presiden Joko Widodo beserta rombongan saat berada di ruas tol  kilometer 13 Balikpapan (Ist)

Presiden Joko Widodo beserta rombongan (Ist)

 

Balikpapan, helloborneo.com – Sesuai permintaan Presiden Joko Widodo, pembangunan bendungan Teritip di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan rampung pada Agustus 2016, kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum setempat, Haidir Effendi.

Presiden Jokowi mengunjungi Waduk Teritip yang berada 30 kilometer utara pusat Kota Balikpapan, pada Kamis (24/3), untuk melihat kemajuan dan mengetahui kendala pembangunan bendungan tersebut.

Pada kesempatan itu, Presiden minta pembangungan Waduk Teritip dipercepat dan segera diselesaikan agar segera bisa menjadi penampung air baku bagi PDAM.

“Presiden minta Agustus 2016 pembangunan bendungan itu selesai, tapi baru satu tahun kemudian Waduk Teritip bisa dinikmati warga sebab airnya bertahap sambil menguji kondisi waduknya, pengujian itu berlangsung setahun,” jelas Haidir Effendi saat dihubungi di Balikpapan, Minggu.

Balikpapan yang tidak memiliki sungai lanjut dia, mengandalkan waduk-waduk tadah hujan untuk menampung air. Air dari waduk digunakan PDAM sebagai air baku dan diolah jadi air bersih. Kebutuhannya saat ini adalah 1.600 liter air per detik.

Dari Waduk Manggar, menurut Haidir Effendi, PDAM mendapatkan debit 900 liter air per detik. Dari Waduk Teritip nanti bertambah 260 liter per detik. Kekurangannya ditambah dari sumur-sumur dalam.

Waduk Teritip tambahnya, mampu memenuhi kebutuhan air hingga 20.000 pelanggan sebab letaknya ada di sisi timur Balikpapan, maka pelanggan yang berada di bagian timur kota yang akan dilayani dari Waduk Teritip ini.

“Debit Waduk Teritip mencapai 260 liter per detik. Kami prioritaskan untuk pelanggan di kawasan timur Balikpapan,” kata Haidir Effendi. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.