Ribuan Siswa Sekolah Jaga Hutan Kota Balikpapan

Bagus Purwa

Sejumlah pelajar dan guru di wilayah pesisir Kabupaten Penajam Paser Utara, ikiti kegiatan tanam mangrove peringati Hari Bumi Sedunia 2016 (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Sejumlah pelajar dan guru di wilayah pesisir (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

 

Balikpapan, helloborneo.com – Ribuan siswa sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas bergabung bersama untuk menjaga dan memelihara Hutan Kota Telaga Sari di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Luasan blok hutan kota itu berukuran 15×70 meter persegi untuk SD/SMP dan 25×80 meter persegi untuk SMA,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto saat dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Kamis.

“Setiap hari Sabtu dan Minggu atau kapan saja diperlukan, para siswa datang untuk melihat blok yang menjadi tanggung jawabnya,” ujarnya.

Luas Hutan Kota Telaga Sari di Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota yang berada di puncak-puncak bukit pasir tersebut, lanjut Suryanto, sekitar 19 hektare.

“Sekolah-sekolah yang terlibat terutama sekolah-sekolah yang berada di sekeliling Hutan Kota Telaga Sari,” ucapnya.

Menurut Suryanto, apabila satu sekolah menyumbang tenaga 100 siswa, maka tidak kurang 7.000 siswa turut bertanggung jawab memelihara dan menjaga Hutan Kota Telaga Sari.

Para pelajar tersebut dikoordinasikan dalam Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telaga Sari (Pokja HKPTS) dan kelompok akan terus berkembang dengan mengusung tujuan bersama melestarikan Hutan kota Telaga Sari.

“Kami juga menggandeng Yayasan Kehati, Yayasan Peduli Balikpapan, Pertamina, dan PT Chevron Indonesia untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pelestarian oleh Pokja HKPTS,” tambah Suryanto. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.