Pasar Rawa Mulia Penajam Difungsikan September 2016

AH Ari B

 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pasar Desa Rawa Mulia di Kecamatan Babulu, mulai difungsikan pada September 2016, kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rusli.

“Pembangunan Pasar Desa Rawa Mulia sudah masuk tahap pengukuran, kami targetkan bisa difungsikan September 2016,” ujar Rusli, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Menurutnya, pasar desa tersebut akan dibangun seperti pasar tradisional pada umumnya, di dalamnya akan dibangun los dan kios untuk pasar basah dan kering.

“Pembangunan Pasar Desa Rawa Mulia itu untuk menampung para pedagang di pasar tumpah, agar rapi dan tertib,” ucap Rusli.

Pasar desa tersebut lanjut dia, akan dibangun permanen untuk menampung pedagang pasar tumpah di tiga desa sekitar, seperti Desa Gunung Intan dan Babulu Laut.

Pelaksanaan pembangunan fisik pasar desa yang menggunakan dana alokasi khusus atau DAK dari pemerintah pusat tersebut, ditargetkan selama tiga bulan, yang akan dimulai Juni 2016.

“Jumlah kios dan los yang dibangun mencapai 40 unit, terbagi dari pasar basah sebanyak 30 los dan kios dan sisanya pasar kering,” jelas Rusli.

Pengembangan Pasar Desa Rawa Mulia tersebut tambahnya, untuk mengoptimalkan fungsi dan peran pasar desa mendukung pengembangan perekonomian di desa, serta peningkatan pendapatan per kapita masyarakat sekitar. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.