Penajam Petakan Kompetensi Pejabat Melalui “Assessment”

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lakukan uji kompetensi terhadap pejabat eselon III A (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lakukan uji kompetensi terhadap pejabat eselon III A (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan pemetaan kompetensi pejabat eselon III A di lingkungan pemerintah setempat melalui kegiatan “assessment” atau uji kompetensi jabatan.

“Kegiatan uji kompetensi jabatan yang diikuti 25 pejabat eselon III A ini, salah satu pemetaan sumber daya aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar saat membuka “asseseement” bagi pejabat eselon II A yang digelar mulai 26 hingga 29 April 2016, Selasa.

Melalui uji kompetensi jabatan tersebut lanjut dia, kepala daerah dapat lebih mudah mengetahui gambaran kemampuan pejabat sesuai kompetensi yang dimiliki masing-masing pejabat bersangkutan.

“Kemampuan inetelektual, kapasitas dalam membangun sebuah organisasi dan kemampuan dalam menggerakan sumber daya organisasi serta bagaimana membangun kepercayaan itu, diujikan pada ‘assessment” untuk mengetahui kapasitas pejabat bersangkutan,” jelas Tohar.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Surodal Santoso mengatakan, malalui uji kompetensi jabatan tersebut, masing-masing pejabat eselon III A peserta “assessment” akan diukur potensi, kompetensi dan kinerjanya.

“Dari hasil uji kompetensi itu akan diperoleh pemetaan jabatan sesuai kelebihan dan kekurangan pejabat yang bersangkutan,” ujarnya.

Peserta uji kompetensi tersebut menurut Surodal Santoso,  ditugaskan untuk membuat makalah, serta mengikuti tes fisiologi, “problem solving” atau pemecahan masalah dan tes wawancara.

“Kepala daerah juga ingin agar pejabat eselon IV A juga wajib mengikuti uji kompetensi jabatan, sehingga akan lebih mudah melihat potensi pejabat dalam pelaksanaan penempatan pejabat,” ucapnya.

Kepala BKD juga menginformasikan tes wawancara untuk pejabat untuk menduduki jabatan Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, akan dilaksanakan pada Rabu (27/4) di Hotel Blue Sky Kota Balikpapan.

Pada tes wawancara tersebut akan dihadiri oleh tim panitis seleksi Provinsi Kalimantan Timur dan Badan Kepegawaian Negara atau BKN pusat. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.