Pembangunan Jalan Nasional di Penajam Capai Rp100 Miliar

AH Ari B

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Prasarana Wilayah dan Pemukiman Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro. (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Prasarana Wilayah dan Pemukiman Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro. (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pembangunan jalur dua jalan nasional yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sepanjang dua kilometer diperkirakan menelan biaya mencapai sekisar Rp100 miliar.

“Pembangunan jalur dua jalan nasional itu sempat terhenti karena permasalahan lahan, tapi saat ini akan dilanjutkan,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Prasarana Wilayah dan Permukiman Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Permasalahan lahan di kilometer 25 Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, yang masuk dalam perencanaan pembangunan jalur dua jalan nasional tersebut telah berhasil dirampungkan.

DPU Kimpraswil Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Edi Hasmoro, telah melakukan pengamanan rutinitas di lokasi pembangunan jalur dua jalan nasional tersebut yakni, memindahkan tiang listrik, telepon dan pipa Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM.

“Pengamanan rutinitas atau pembersihan area itu, bertujuan agar pada saat pengerjaan jalur dua jalan nasional itu tidak terganggu,” ujarnya.

Namun untuk memulai pembanguna jalur dua tersebut, DPU Kimpraswil Kabupaten Penajam Paser Utara, masih menunggu anggaran dari pemerintah pusat, karena status jalan itu merupakan jalan nasional atau jakan negara.

Pelebaran ruas jalan nasional sepanjang dua kilometer dengan luas jalan mencapai 14 sampai 16 meter, termasuk median jalan tersebut lanjut Edi Hasmoro, diperkirakan menelan biaya berkisar Rp100 juta.

Pembangunan jalur dua yang berada di wilayah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam itu, ditargetkan rampung pada 2017,” tambahnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.