Penipuan Ritual Menarik Uang Gaib di Penajam Terbongkar

Bagus Purwa

 

Fby tersangka penipuan berkedok ritual menarik uang gaib Nabi Sulaiman (Ist)

Fby tersangka penipuan berkedok ritual menarik uang gaib Nabi Sulaiman (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Praktik penipuan dengan modus ritual menarik uang gaib yang dilakukan Fby (36), warga Desa Api-api, Kecamatan Waru, berakhir setelah ditangkap petugas Polres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (24/4) sekitar pukul 18.00 Wita.

Kasat Reskrim Polres Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Cherry Sinta Simamora, Rabu mengatakan, polisi berhasil meringkus Fby di kediamannya, setelah menerima laporan dari seorang korbannya Aj (42) warga Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam.

Menurutnya, selain mengaku memiliki keahlian spiritual untuk menarik uang gaib Nabi Sulaiman, Fby juga mengaku mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Karena tersangka memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, lanjut Cherry Sinta Simamora, akhirnya para korban terpikat untuk ikut dalam ritual untuk mendapatkan uang gaib tersebut.

Syaratnya ritual untuk memancing uang gaib Nabi Sulaiman senilai Rp1 triliun hingga Rp2 triliun, setiap korban diminta menyetor uang mahar mulai Rp1 juta hingga Rp40 juta yang dipergunakan untuk untuk menebus minyak jin.

Namun janji tersangka kepada korban tidak terwujud, alasan penyebab gagalnya mendapatkan uang gaib Nabi Sulaiman sesuai jumlah yang dijanjikan itu, kesalahan korban yang tidak sanggup menjalani puasa dan tidak tidur tiga hari tiga malam berturut-turut.

Akhirnya salah satu korban AJ yang sudah menyetor uang mahar sebesar Rp24 juta, dan dijanjikan tersangka akan menarik uang gaib Nabi Sulaiman senilai Rp2 miliar, melapor kepada pihak kepolisian.

“Diperkirakan jumlah korban penipuan itu lebih dari 10 orang. Tapi, baru dua orang yang melapor, yang lainnya belum melaporkan,” kata Cherry Sinta Simamora kepada helloborneo.com.

Fby diamankan Mapolres Penajam Paser Utara, dan Satreskrim Polres Penajam Paser Utara terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap jumlah korban penipuan tersebut.

“Akibat pebuatannya tersangka dijerat dengan pasal 378 KHUP dengan tuntutan hukuman 4 tahun penjara,” tambah Cherry Sinta Simamora. (bp/*esa)




One thought on “Penipuan Ritual Menarik Uang Gaib di Penajam Terbongkar

  1. Nendenfitriani

    Ya betul saya jga tertipu dengan uang ghoib janji nya dteng 2 m tp boong modal saya keluar 13 juta smga alloh membalas penipuan uang ghaib itu ga ada cuman tipuan belaka.mau uang kerja keras.klo mau uang praktis namanya muja.amit2 deh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *