Disdik Balikpapan Larang Siswa Konvoi Rayakan Kelulusan

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengeluarkan surat edaran terkait larangan kepada para siswa-siswi SMA/SMK sederajat di daerah setempat merayakan kelulusan dengan cara berlebihan, seperti konvoi kendaraan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin, di Balikpapan, Kamis, mengimbau agar momentum kelulusan diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan benilai tanpa harus mengganggu ketertiban masyarakat.

“Pelajar SMA/SMK dan sederajat di Balikpapan untuk tidak merayakan kelulusan pada 7 Mei 2016 dengan konvoi kendaraan atau corat-coret baju,” tegasnya.

Selain tidak memberikan manfaat, lanjut Muhaimin, kegiatan tersebut juga dapat membahayakan dan mencederai pengguna jalan serta pelajar itu sendiri, apalagi pelajar belum memilki Surat Izin Mengemudi.

“Baju seragam yang masih layak digunakan bisa disumbangkan kepada adik kelas atau mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Dinas Pendidikan Kota Balikpapan sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh sekolah untuk menaati larangan tersebut.

“Imbauan tidak konvoi pada saat kelulusan itu juga disampaikan langsung pihak kepolisian setempat di sekolah-sekolah,” kata Muhaimin kepada helloborneo.com.

Selain itu, ia juga berharap para pelajar SMA/SMK dan sederajat yang lulus tahun ini tidak merayakan kelulusan secara berlebihan, seperti mengadakan pesta atau kumpul-kumpul.

Sekolah tidak perlu membuat acara perpisahan siswa secara berlebihan di hotel, tetapi cukup secara sederhana dan tidak membebani orang tua murid.

“Sudah ada surat edaran dari kepala daerah agar acara perpisahan siswa tidak membebani orang tua, jangan melaksanakan kegiatan perpisahan di luar kesepakatan antara orang tua dan komite sekolah,” jelas Muhaimin.

“Acara perpisahan siswa yang melaksanakan komite sekolah, orang tua, dan OSIS, jadi bukan kepala sekolah yang menentukan acara perpisahan siswa itu,” tambahnya. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.