Penajam Siapkan Lahan Inovasi Sukseskan Peda KTNA


AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan tiga lahan inovasi untuk menyukseskan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan ke-9 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung 10-15 Mei 2016.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaa Pekan Daerah KTNA yang dipusatkan di Kecamatan Babulu, telah menyiapkan lahan penanaman varietas padi unggulan.

“Kami siapkan lokasi penanaman varietas padi unggulan di Desa Gungung Intan, Kecamatan Babulu, pada Pekan Daeraj KTNA itu,” ujarnya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menyiapkan lokasi “display” atau tempat untuk menampilkan produk unggulan serta lokasi pameran di wilayah Gunung Intan, Kecamatan Babulu.

Lokasi penanaman varietas padi unggulan tersebut lanjut Joko Dwi Febrianto, sebagai tempat pengujian ketahanan padi varietas unggulan hasi inovasi di baidang pertanian.

Sedangkan lokasi “display” untuk menampilkan produk-produk unggulan pertanian, peternakan dan perikanan.

Semantara Lokasi pameran menurut Joko Dwi Febrianto, dimanfaatkan untuk menunjukkan teknologi bidang pertanian, seperti penanaman dengan pola jajar legowo serta kombinasi tanam jajar legowo dan tabela (tebar benih langsung).

“Di lokasi pameran itu masyarakat petani bisa mengamati langsung penanaman dengan pola jajar legowo serta kombinasi tanam jajar legowo dan tabela,” jelasnya.

Kegiatan Pekan Daerah KTNA, tambah Joko Dwi Febrianto, merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta pelaku usaha.

“Pekan Daerah KTNA itu sebagai sarana transfer teknologi, informasi sarana memfasilitasi kemitraan dan jaringan agribisnis para pelaku bidang pertanian, peternakan dan perikanan,” katanya. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.