Mustaqim: Petani Penajam Kesulitan Jemur Gabah

AH Ari B

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Elim Sahara - Hello Borneo)

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ (Elim Sahara – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ mengatakan, masyarakat petani kesulitan menjemur gabah karena minimnya lantai jemur yang dimiliki para petani.

“Para petani sudah mendapatkan bantuan mesin pertanian dari provinsi, tapi saat ini petani dihadapkan dengan kurangnya lantai jemur gabah yang tersedia,” kata Mustaqim, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, memberikan bantuan sebanyak 20 unit mesin panen yang dapat mengurangi bulir padi terbuang saat proses perontokan padi sekaligus sebagai perontok bulir tersebut sangat memudahkan petani.

Namun lanjut Mustaqim, petani masih kebingungan karena lantai jemur gabah yang ada masih sangat minim sehingga kesulitan untuk menjemur gabah hasil panen.

Banyak petani yang telah panen menurut ia, kesulitan menjemur gabah akibat tidak ada tempat penjemuran, apalagi saat ini hujan sudah mulai mengguyur wilayah Penajam Paser Utara.

Mustaqim mengimbau, masyarakat petani untuk dapat memaksimalkan lantai jemur gabah yang ada, seperti memanfaatkan pekarangan dan jalan, karena untuk memberikan bantuan lantai jemur gabah, pemerinta terkendala anggaran.

Sulitnya tempat untuk menjemur gabah tersebut, cukup membuat bingung para petani, sehingga petani berjarap ada bantuan pengering gabah dari pemerintah daerah, sehingga bisa mengeringkan gabah dan tidak takut kehujanan. (adv/bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.