Persediaan Beras di Penajam Aman Sepanjang Ramadan

AH Ari B

 

Harga beras di Kabupaten Paser masih belum turun. (Rapal JKN - Hello Borneo)

Pedagang beras. (Dok – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Persediaan beras di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sepanjang Ramadan dipastikan aman, kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluh Petani setempat, Surito Widarie.

“Kami menjamin persediaan beras selam puasa hingga lebaran tidak akan mengalami kekurangan,” ujar Surito Widarie, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Minggu.

Menurutnya, persediaan beras di lumbung masyarakat hingga pekan ketiga Mei 2016 mencapai 10.000 ton, dari musim panen pertama seluas 2.500 hektare pada Januari sampai April 2016.

Dengan cadangan beras yang ada di lumbung padi masyarakat yang mencapai 10.000 ton tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Penajam Paser Utara, hingga beberapa lama usai lebaran.

“Jumlah itu masih mencukupi untuk kebutuhan beras masyarakat seluruh Kabupaten Penajam Paser Utara hingga setelah lebaran,” jelas Surito Widarie.

Cadangan 10.000 ton beras tersebut lanjut dia, akan mampu menenuhi kebutuhan masyarakat Penajam Paser Utara, selama tiga bulan ke depan.

“Jadi kami pastikan selama puasa hingga lebaran persediaan beras aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, untuk persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara hingga akhir 2016, juga dipastikan tidak mengalami kekurangan.

“Persediaan beras pada tahun ini (2016) akan tertutupi, karena masih ada lahan pertanian seluas 7.000 hektare yang belum dipanen,” tambahnya.

Surito Widarie berharap, dengan tercukupinya kebutuhan pangan di Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, akan berimbas positif terhadap harga komoditas pangan pokok lebih terjangkau. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.