Yusran Aspar: Berbagai Potensi Penajam Siap Dikelola

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar dan Wakil Bupati Mustaqi MZ saat mendengarkan tausiyah pada kegiatan Isra Miraj (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar dan Wakil Bupati Mustaqim MZ (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Berbagai potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap dikelola oleh para investor atau pengusaha, kata Bupati Yusran Aspar.

“Penajam Paser Utara, saat ini siap membuka peluang sebesar-besarnya kepada para insvestor atau pengusaha untuk menangkap peluang usaha itu,” kata Yusran Aspar, di Penajam, Rabu.

“Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, siap untuk bekerja sama dengan investor atau pengusaha menggunakan pola kemitraan,” ujarnya

Salah satu investasi yakni, ke depan Kabupaten Penajam Paser Utara, akan menyuplai air bersih untuk Kota Balikpapan, potensi investasi itu ada di Kecamatan Sepaku.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Yusran Aspar, dipercaya dan diberikan tanggung jawab oleh pemerintah pusat untuk membebaskan lahan untuk pembangunan Waduk di Kecamatan Sepaku, yang akan dilaksanakan pada 2017.

“Kalau terlaksana, maka dipastikan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Sepaku dan Kota Balikpapan,” jelasnya.

Selain itu, Kabupaten Penajam Paser Utara, juga memiliki potensi gas yang cukup besar, ada yang dikelola perusahaan swasta dan dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Benuo Taka.

“Dalam waktu dekat pegelolaan gas yang dilakukan PT Chevron akan diambil alih pemerintah daerah, karena tidak adanya perpanjangan kontrak kerja PT Chevron itu,” ungkap Yusran Aspar.

Potensi lainnya menurut bupati, adalah Kawasan Industri Buluminung (KIB) yang bersinergi dengan Kawasan Industri Kariangau atau KIK Balikpapan sebagai pusat perindustrian terbesar di kawasan timur Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, tambah Yusran Aspar, juga memiliki potensi di sektor pertanian, dimana Penajam Paser Utara ditetapkan sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur.

Kemudian sektor perkebunan kehutanan, pertambangan dan lain sebagainya dapat dikelola oleh para investor atau pengusaha baik dari pemerintah maupun swasta. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.