Usai Jaga Perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Yonif Raider 600 Tiba Kembali

Ramadhanesia

Upacara penerimaan pasukan dipimpin Pangdam VI Mulawarman. (Ist)

Upacara penerimaan pasukan dipimpin Pangdam VI Mulawarman. (Ist)

 

Balikpapan, helloborneo.com –  Yonif Raider 600 Modang kembali ke homebase setelah bertugas selama kurang lebih 10 bulan menjaga kedaulatan Republik Inedonsia di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Mayjen TNI Beny Indra Puji Hastono selaku Pangdam VI Mulawarman memimpin Upacara Penerimaan Pasukan Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 600 di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan, Selasa (14/3).

Dalam pidatonya selaku Inspektur upacara tersebut, Beny berpesan kepada pasukan Yonif Raider 600 Modang, agar pengalaman selama bertugas dapat menjadi bahan evaluasi bagi peningkatan profesionalitas keprajuritan, maupun pengembangan satuan dalam pelaksanaan tugas yang akan datang.

Bertugas sebagai Komandan Yonif Raider 600 adalah Letnan Kolenel Infanteri Welson Napitupulu. Welson menjelaskan pasukannya bertugas di daerah Bufendigul distrik Waruko sampai distrik Tanah Merah dengan panjang perbatasan sejauh 150 Kilometer, dengan tugas pokok pengamanan perbatasan dan patroli patok pebatasan dengan medan perjalanan yang di tempuh selama 3 sampai 10 hari dengan berjalan kaki.

Selain itu juga bekerja sama dengan pihak kepolisian terhadap aksi penyelundupan, peredaran minuman beralkohol ilegal, dan ganja. Sebanyak 3 prajurit gugur dalam tugas ini dikarenakan penyakit malaria. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.