Persediaan Elpiji di Penajam Aman Hingga Lebaran

AH Ari B

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Persediaan elpiji di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, aman untuk memenuhi kebutuhan konsumen, walaupun terjadi lonjakan permintaan menjelang hingga Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu mengatakan, selama puasa hingga menjelang lebaran kebutuhan elpiji masyarakat sekitar 5.600  tabung.

“Pada hari biasa kebutuhan elpiji masyarakat Penajam Paser Utara hanya 4.800 tabung, jadi ada kenaikan permintaan elpiji di masyarakat,” jelasnya.

Namun, Disperindagko UKM Kabupaten Penajam Paser Utara menjamin persediaan elpiji tabung tiga kilogram maupun 12 kilogram di agen dan pangkalan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Menurut Rusli, Disperindagkop Kabupaten Penajam Paser Utara tidak meminta penambahan kuota elpiji kepada PT Pertamina untuk hadapi selama puasa den menjelang lebaran tahun ini.

“Kami yakin persediaan elpiji masih mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat, karena kebutuhan elpiji rumah tangga pada selama dan menjelang lebaran tidak jauh berbeda dengan hari biasanya,” ungkap Rusli.

Diseperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Rusli, meminta pengiriman dari Depo Pertamina Balikpapan dapat dipercepat, untuk mengantisipasi adanya kekosongan elpiji di agen dan pangkalan.

“Kebutuhan elpiji pada saat mendekati lebaran meningkat dari biasanya, jadi kami minta distribusi elpiji dari Depo Pertamina dipercepat,” katanya.

“Kami meminta agen dan pangkalan tidak melakukan penjualan elpiji ukuran tiga kilogram ke luar daerah. Itu salah satu langkah antisipasi mengatasi kelangkaan,” ujar Rusli.

Adapun harga eceran tertinggi elpiji tabung ukuran tiga kilogram di Kabupaten Penajam Paser Utara sebesar Rp20.000, sementara elpiji tabung ukuran 12 kilogram (nonsubsidi) dijual antara Rp150.000 sampai Rp160.000. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.