1.737 Pemudik Berangkat Dari Pelabuhan Feri Penajam

Bagus Purwa

 

Pelabuhan Feri Penyeberangan Penajam Paser Utara (Suherman - Hello Borneo)

Pelabuhan Feri Penyeberangan Penajam Paser Utara (Dok. Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Penumpang arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriyah melalui pelabuhan penyeberangan feri di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mencapai 1.737 orang.

Kepala PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kabupaten Penajam Paser Utara Rahmat, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, sejak H-2 lebaran jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal feri mencapai 1.377 orang.

Kepadatan kendaraan serta penumpang terjadi pada sore dan malam hari sejak dua hari sebelum lebaran.

Kepadatan jumlah penumpang tersebut menurut Rahmat, disebabkan sudah memasuki waktu libur dan cuti bersama pegawai.

Penumpang tertinggi yang menggunakan jasa penyeberangan kapal feri lanjut dia, didominasi kendaraan roda dua, yakni mencapai 1.030 per hari.

Untuk melayani penumpang tersebut PT ASDP Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan 16 kapal feri, 14 unit di antaranya setiap hari akan melayani juruasn Penajam-Balikpapan. Sedangkan dua kapal lainnya akan disiapkan, karena dilakukan secara bergiliran.

Selain menyiapkan 16 kapal feri PT ASDP juga mengoperasikan dua dermaga pelabuhan feri secara tetap dan konsisten menjalankan jadwal keberangakan kapal feri dengan menetapkan waktu 20 menit untuk bongkar muat.

“Antisipasi arus mudik juga dilakukan dengan mengoperasikan kapal feri selama 24 jam dengan 50 trip,” tambah Rahmat. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.