Arus Mudik di Penajam Relatif Aman

Bagus Purwa

 

Pemantauan arus mudik di Penajam Paser Utara dipantau oleh petugas melalui pos simpatik (Suherman - Hello Borneo)

Pemantauan arus mudik di Penajam Paser Utara dipantau oleh petugas melalui pos simpatik (Dok. Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pergerakan arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriyah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, relatif aman.

“Dari hasil pantauan terhadap seluruh moda transportasi, sejauh ini situasinya relatif aman, dan belum ada kejadian luar biasa,” ungkap Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Komunikasi Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara, Buhadi saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Berdasarkan pantauan terlihat pemudik yang melakukan perjalanan, baik yang menggunakan angkutan umum dan yang menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara, mengerahkan petugas di lokasi rawan kecelakaan.

Sejumlah ruas jalan yang kini dalam pantauan petugas, lanjut Buhadi, di antaranya, jalan jalur dua Petung dan Sotek, Kecamatan Penajam karena di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak lubang di tengah badan jalan dan jalan berlubang.

“Arus mudik tidak dapat dihindari karena merupakan tradisi lebaran yang terjadi setiap tahun,” katanya.

Sementara, arus kendaraan dari arah Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Kabupaten Paser menurut Koordinator Pengawasan Jalan Dishubbudpar Kominfo Kabupaten Penajam Paser Utara Jamaluddin, tergolong ramai lancar, aman dan kondusif.

“Dari Minggu (3/7) hingga saat ini belum ada lonjakan pemudik dari Kecamatan Sepaku menuju Kabupaten Paser dan situasinya tetap aman dan terkendali,” ungkapnya.

Berdasarkan pemantauan di posko pelabuhan penumpang angkutan “speedboat” dan kapal kayu atau klotok cukup ramai yang berlangsung pada pagi dan sore sejak Minggu (3/7).

Lonjakan penumpang “speedboat” dan klotok yang terjadi tersebut disebabkan penduduk lokal yang berbelanja keperluan lebaran di Balikpapan, mencapai 70 persen.

Setiap tahun jelang lebaran, masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan jasa “speedboat” dan klotok selalu meningkat. (bp/*esa)




3 thoughts on “Arus Mudik di Penajam Relatif Aman

    1. rol

      masih lancar, namun hati-hati pada beberapa titik jalan rusak dan berlubang, tetap jaga keselamatan berkendara

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *