Sekkab Penajam Buka Kegiatan Bimbingan Manasik Haji

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Sekkab Penajam Paser Utara, Tohar membuka kegiatan manasik haji_yang_digelar_Kemenag setampat  (Iskandar -_Humas_Setkab_Penajam Paser Utara)

Sekkab Penajam Paser Utara, Tohar membuka kegiatan manasik haji yang digelar Kemenag setempat (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris  Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur, Tohar membuka kegiatan bimbingan manasik haji yang digelar oleh Kementerian Agama setempat.

“Kegiatan manasik haji itu untuk calon haji bisa memahami syariat dan kaifiyat berhaji, kemabruran dan kesolehan secara sosial nanti terlihat setelah naik haji,” jelas Tohar sebelum membuka kegiatan manasik haji di aula Kantor Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa.

Kegiatan tersebut lanjut dia, merupakan kebutuhan penting bagi calon haji, untuk itu diharapkan calon haji mengikuti bimbingan manasik haji tersebut dengan baik dan seksama.

Selain itu, menurut Tohar, kondisi fisik calon haji harus dalam kondisi sehat, karena ibadah haji banyak menggunakan sumber daya fisik.

Pelaksanaan bimbingan manasik haji tersebut adalah bagian pembinaan bagi calon haji yang dilaksanakan oleh pemerintah sesuai Undang-undang Nomor 13, Tahun 2008.

Kepala Kemenag Kabupaten Penajam Paser Utara, Hakimin Pattang mengatakan, kegiatan manasik haji yang dilaksanakan tersebut untuk maningkatkan pengetahuan dan kemampuan para calon haji memahami ilmu manasik haji serta ibadah lainnya.

“Bimbingan manasik haji itu agar calon haji menjadi jamaah haji yang mandiri tidak tergantung kepada petugas, serta dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan ajaran syariat Islam,” katanya.

Bimbingan manasik haji bagi calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut akan dilaksanakan selama lima hari, mulai 12 hingga 16 Juli 2016, dimana manasik haji tahap kedua akan dilaksanakan Kantor Urusan Agama di masing-masing kecamatan selama delapan kali pertemuan.

“Tanggal pelaksanaan manasik haji tahap kedua ditentukan oleh Kepala KUA di masing-masing kecamatan,” ujar Hakimin Pattang.

Kegiatan manasik haji tersebut tambahnya, diikuti sebanyak 99 calon haji yang telah melunasi ONH (ongkos naik haji) pada tahun ini (2016)

“Sebanyak 67 calon haji dari Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru 12 orang, Kecamatan Babulu 9 orang dan 11 calon haji dari Kecamatan Sepaku mengikuti bimbingan manasik haji itu,” ucap Hakimin Pattang. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.